Cara Memilih Niche Pada Blog

Biasanya dalam sebuah blog memiliki tema atau niche tertentu. Memilih niche pada blog adalah hal yang penting dalam membuat blog yang baik. Sebenarnya banyak tema atau niche yang dapat dipilih, akan tetapi apakah tema atau niche tersebut cocok atau tidak dan menguntungkan atau tidak. 

Cara Memilih Niche Pada Blog


Dibawah ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara memilih Niche Blog dengan benar 

1. Memilih Niche yang Membuka Peluang Bisnis

Banyak yang menjadi pengusaha karena mengembangkan blognya dengan memilih niche yang tepat. Artinya niche yang dipilihnya adalah dapat membuka peluang bisnisnya dimasa yang akan datang. Dengan memiliki pasar yang besar maka blog yang kita kelola ini bisa dikembangkan dengan menawarkan produk milik sendiri pada akhirnya.

Produk yang dimaksud adalah seperti misalnya produk digital yang menawarkan kursus online, e-book, ataupun bisnis online lainnya. Atau yang berkaitan dengan niche blog yaitu menawarkan barang – barang secara online. Juga bisa dilakukan dengan menawarkan produk makanan jika blog yang kita buat bertema tentang makanan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memilih Platform Blog

2. Memilih Niche yang Menguntungkan

Tentunya dalam memilih niche atau tema adalah harus mencari niche yang menguntungkan, dimana agar perputaran uang dapat digulirkan di blog tersebut. Ini bermaksud agar kita selalu terpacu dan bersemangat dalam membangun blog tersebut karena ada hal atau goal yang dituju.

Artinya kita harus melihat apakah iklan yang muncul diblog tersebut ada hubungannya dengan kata kunci topik yang kita buat. Jika ya, maka ini merupakan pertanda baik terhadap bisnis ini.

3. Memilih Topik yang Disukai

Pilihlah topik yang disukai sehingga dalam menjalankan bisnis ini betul – betul menyenangkan hati. Apabila dalam melakukan suatu pekerjaan dengan hati yang senang dan gembira, maka sudah pasti hasilnyapun akan maksimal.Memang kejenuhan hati itu akan muncul pada titik klimaks kita. 

Dimana pada saat otak kita berada dipuncak maka muncullah kejenuhan. Untuk itu betul – betul harus diperhatikan dalam memilih topik adalah yang benar – benar kita sukai, misalnya kita suka jalan – jalan atau wisata maka pilihlah topik tentang jalan – jalan dan wisata.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Web atau Blog 

4. Melakukan Riset Pasar

Dalam melakukan riset pasar adalah merupakan hal yang sangatlah penting dalam membangun sebuah blog. Dimana kita dapat mengetahui bahwa pangsa pasar blog tersebut banyak pembacanya atau tidak juga banyak pengunjungnya atau tidak. Jika ya, maka blog tersebut sukses dan perlu dilanjutkan atau dikembangkan. 

Jika tidak artinya ada yang salah dalam mengelolanya, sehingga perlu dilakukan perbaikan tentunya.Riset pasar dalam hal ini dilakukan agar dapat mengetahui selera para konsumen itu apa. Untuk itu kita dapat melihatnya di fitur yang terdapat pada Google Trends dengan mencari topik yang disukai. Setelah itu apakah banyak peminatnya. Jika ya, maka topik tersebut yang kita ambil.

5. Memilih Niche yang Spesifik

Memilih niche atau tema yang spesifik menjadi dasar dalam merakit sebuah blog agar bisa melambung tinggi dengan cepat. Karena kalau bicara spesifik berarti bicara tentang detail suatu produk yang akan kita jual. 

Jika detailnya sudah kita kuasai, maka dalam menciptakan produk atau menulis artikel tersebut pasti akan memiliki nilai jual yang bagus di pasaran. Untuk itu bisa kita cek di Adwords Keyword Planner dari Google. 

Baca Juga : Langkah Membuat Situs Web/ Blog

Demikianlah artikel tentang cara memilih niche pada blog. Kiranya dapat membuat kita lebih terpacu lagi dalam membangun blog yang kita miliki agar bisa berhasil dimasa yang akan datang. Tetap semangat, jaga kesehatan dan sukses selalu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel