Mengenal dan Memahami SEO ONPAGE

Jika Anda sering beraktifitas di dunia website atau blogging, pasti sudah tidak asing dengan istilah SEO. Search Engine Optimization (SEO) sendiri merupakan sebuah upaya untuk menempatkan sebuah situs atau web di posisi paling atas dan di halaman paling awal di mesin pencarian. Caranya dengan memanfaatkan kata kunci atau keyword 

yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal ini karena situs yang berada di halaman paling awal atau di posisi paling atas mesin pencarian adalah situs web yang berpotensi lebih banyak diakses oleh pengunjung. Penerapan SEO ini menggunakan 2 teknik, salah satunya adalah SEO ONPAGE. 

SEO ONPAGE


Mengenal dan Memahami SEO ONPAGE 

Teknik optimasi website SEO merupakan salah satu metode yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan trafik pengunjung pada sebuah situs. Metode ini biasanya banyak digunakan oleh pelaku bisnis online agar produk yang ditawarkan bisa menarik calon konsumen. Dalam metode SEO sendiri masih dibagi lagi menjadi 2 teknik, yaitu SEO ONPAGE  dan Off page. Kali ini akan dijelaskan tentang teknik SEO on page secara lengkap. Baca Juga : Mengenal SEO dan Fungsinya

SEO ONPAGE adalah metode optimasi website yang dilakukan dari dalam website atau blog itu sendiri. Optimasi ini bertujuan membuat mesin pencari jadi tahu bahwa website atau blog tersebut sudah memenuhi syarat dan kualitas yang dicari oleh pengguna. Teknik ini juga memungkinkan mesin pencari untuk lebih mudah menemukan dan memahami konteks pada konten serta relevansinya dengan keyword yang dicari oleh pengunjung. 

Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Teknik SEO ONPAGE 

Teknik meningkatkan trafik pengunjung website secara onpage ini bisa dibilang merupakan teknik paling sederhana dan mudah yang bisa dilakukan oleh setiap pemilik website. Cara ini bahkan juga sering dilakukan oleh pemilik blog sederhana untuk meningkatkan pengunjung blognya. Pada teknik OnPage ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar teknik optimasi ini bisa berhasil, diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Tag Tittle 

Sama seperti ketika membaca tulisan pada umumnya, judul pasti menjadi daya tarik paling awal yang dilihat oleh pembaca. Begitu pula dalam teknik SEO, terutama onpage, judul adalah faktor yang harus diperhatikan. Pastikan Anda menyertakan kata kunci dalam tag tittle. Tag title tang ditentukan oleh mesin pencari biasanya tidak lebih dari 80 karakter agar nantinya judul tersebut tidak ditampilkan berupa titik.

2. Heading (Sub Judul) 

Dalam metode optimasi web dengan SEO ONPAGE, salah satu yang harus diperhatikan adalah pembuatan heading dan sub heading atau judul dan sub judul. Mesin pencarian umumnya lebih memperhatikan kata kunci yang ada pada bagian judul atau heading ataupun sub judulnya. Karena itu menargetkan keyword atau kata kunci pada heading menjadi faktor yang sangat penting. Namun, pastikan heading yang digunakan juga berkaitan dengan konten di dalam web.

3. Penggunaan Meta Description 

Apa yang dimaksud dengan meta description adalah deskripsi yang bisa Anda lihat di bawah judul di halaman pencarian. Metode SEO akan mengubah deskripsi meta ini menjadi deskripsi dengan kata kunci atau keyword yang nantinya lebih bisa tertargetkan. Apabila kata kunci bisa lebih tertarget, maka nantinya orang yang mengakses atau mencari kata kunci tersebut bisa menemukan website Anda dengan lebih mudah. Baca Juga : Langkah Membuat Situs Web

4. Pergunakan Permalink yang Sederhana 

Permalink adalah link yang terdapat pada URL. Permalink ini biasanya memiliki struktur berbeda-beda, seperti misalnya pada Wordpress yang sudah memiliki default untuk permalink yang digunakan. Pada wordpress, default yang digunakan adalah tanggal, bulan serta tahun. Permalink dengan default ini memang akan memudahkan pembaca untuk mengetahui tanggal terbitnya. 

Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku dalam teknik SEO. Untuk kebutuhan SEO, permalink dengan tanggal dan bulan lebih baik dihilangkan. Mesin pencari umumnya akan membaca permalink yang sesuai dengan judul di dalamnya. Karena itu, jika di dalam permalink Anda tidak terdapat judul, maka mesin pencari akan mengalihkan ke hasil pencarian lainnya secara otomatis.

5. Tambahkan Gambar dan Video 

Faktor selanjutnya yang harus diperhatikan dalam SEO ONPAGE adalah konten dari website itu sendiri. Optimasi yang kurang atau berlebihan justru tidak baik untuk optimasi website. Biasanya, website dengan konten yang terlalu sedikit atau berlebihan justru tidak akan ditemukan oleh mesin pencari. Website dengan konten yang terlalu pendek biasanya akan dianggap tidak penting oleh mesin pencari. Begitu pula jika artikel terlalu berlebihan atau terlalu banyak keyword di dalamnya juga tidak akan ditemukan oleh mesin pencari. 

Agar konten website bisa lebih menarik dalam teknik SEO ONPAGE,  Anda bisa memanfaatkan gambar atau video di dalamnya. Pentingnya adanya SEO ini adalah membuat pengunjung situs bisa berlama-lama di dalam website atau situs tersebut. Salah satunya adalah dengan menempatkan video atau gambar di dalamnya. Adanya gambar akan sangat membantu pembaca berimajinasi dan memahami konten website dengan lebih mudah. 

Di sisi lain, penempatan video di dalam website saat ini juga banyak dipilih oleh berbagai media berskala besar untuk membuat pembaca bisa betah berada pada halaman tersebut. Namun, yang perlu diperhatikan adalah adanya media berupa gambar ataupun video ini akan membuat website cenderung lebih berat saat loading atau membuka. Anda bisa mengakalinya dengan memperkecil ukuran media yang Anda gunakan tersebut.

6. Kecepatan Website 

Tujuan adanya mesin pencari adalah untuk membantu penggunanya agar bisa menemukan apa yang diinginkan. Tak hanya itu, setiap mesin pencari seperti Google juga pasti akan memberikan yang terbaik saat pengguna mengaksesnya, termasuk dari segi kenyamanannya. Salah satunya adalah melalui aspek kecepatan aksesnya. Karena itulah kecepatan menjadi aspek yang sangat penting dalam teknik SEO ONPAGE ini. Kecepatan akses website juga akan berpengaruh pada peringkat website di mesin pencarian.

7. Tambahkan Alt Text 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan gambar pada website akan membuat website lebih menarik. Namun, ketika Anda memasukkan gambar di dalam halaman website tersebut, pastikan Anda juga memasukkan Alt Text pada semua gambar yang Anda masukkan ke dalam website tersebut. Adanya Alt Text ini sebenarnya tidak akan terlihat oleh orang yang mengakses website. Pemberian Alt Text ini lebih ditujukan pada mesin pencari. Tujuannya adalah supaya gambar yang Anda masukkan juga termasuk ke dalam kata kunci pencarian.

8. Gunakan Tema Tampilan yang Menarik dan Responsif 

Faktor terakhir yang harus diperhatikan dalam teknik SEO ONPAGE adalah tampilan atau tema website. Biasanya mesin pencarian akan memprioritaskan website yang bisa diakses dengan mudah, terutama diakses dari perangkat mobile. Karena itu, pastikan Anda memilih tema yang tidak hanya menarik namun juga responsif. Anda bisa membeli atau memilih salah satu tema mobile yang disediakan oleh situs. Baca Juga : Cara Membuat Blog dengan Mudah

Metode optimasi website dengan Search Engine Optimization (SEO) adalah metode yang saat ini banyak digunakan oleh pemilik website. Dengan cara ini akan membantu meningkatkan trafik website serta memungkinkan website Anda berada di halaman pertama atau di posisi paling atas mesin pencarian. Ada 2 teknik SEO yang bisa dipilih, yaitu salah satunya adalah SEO ONPAGE dengan faktor penentu optimasi yang sudah dijelaskan di atas. 

Demikianlah pembahasan mengenal dan memahami SEO ONPAGE. Semoga bermanfaat, apabila ingin mengomentari tentang SEO ONPAGE, silahkan berkomentar pada kolom dibawah ini, trima kasih


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel