Mengetahui dan Memahami SEO OFFPAGE

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan trafik pengunjung website sekaligus bisa membuat website Anda berada di halaman pertama mesin pencarian. Ketika sebuah website berada di halaman pertama apalagi di posisi paling atas pencarian tentu akan membuat potensi atau peluang website tersebut 

diakses oleh pengguna menjadi lebih besar pula. Bagi website bisnis, hal ini akan sangat menguntungkan karena biasanya calon konsumen akan melihat dan membandingkan kualitas sebuah jasa atau produk yang dijual melalui website berdasarkan trafik pengunjung dan jumlah pengaksesnya. Teknik optimisasi pencarian ini dibagi menjadi dua, yaitu SEO on page dan SEO OFFPAGE.

SEO OFFPAGE

 

Mengetahui dan Memahami SEO OFFPAGE 

Sebelum memulai menggunakan metode optimalisasi ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Offpage SEO. SEO OFFPAGE adalah metode atau teknik optimalisasi website yang dilakukan dari luar website. 

Berbeda dengan Onpage SEO yang mengutamakan faktor-faktor dari dalam website itu sendiri, maka offpage SEO adalah optimalisasi website yang berfokus pada faktor eksternal website seperti backup link dan lain sebagainya. 

Kebanyakan orang hanya mengetahui offpage SEO adalah tentang link building saja. Padahal ada lebih banyak faktor eksternal lain yang berpengaruh pada teknik ini. Teknik off-page SEO yang merupakan teknik optimalisasi website dari faktor luar website tidak akan bisa berhasil jika teknik SEO onpage tidak dilakukan dengan baik. Baca Juga : Mengenal dan Memahami SEO ONPAGE

Jika onpage seo berfokus pada optimisasi bagian dalam web, maka offpage seo fokus pada bagaimana mempromosikan website tersebut. Karena itu, untuk mendapatkan hasil yang optimal, dibutuhkan kombinasi yang seimbang diantara kedua metode ini.

Cara yang Digunakan dalam Teknik SEO OFFPAGE 

Teknik SEO ini juga bisa dilakukan dengan berbagai metode atau cara.  Ada berbagai cara yang bisa dilakukan sebagai teknik dalam offpage SEO ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Backlink Building 

Backlink yang dipilih juga harus backlink dengan kualitas yang baik sehingga optimasi web juga akan berjalan dengan baik. Apabila Anda menggunakan backlink yang berkualitas baik, maka mesin pencari akan secara otomatis memberikan nilai yang baik pula pada website yang menggunakan backlink tersebut. Setiap website pasti memiliki nilai yang berbeda-beda. Ada beberapa indikator yang bisa Anda gunakan untuk menilai kualitas backlink tersebut. 

Indikator pertama yang bisa Ands gunakan untuk menilai kualitas backlink yang baik atau tidak adalah reputasi website tersebut. Ada pula trafik, yang tidak hanya menjadi faktor penting pada SEO ONPAGE saja, namun juga SEO OFFPAGE. 

Apabila trafik sumber backlink Anda semakin tinggi, maka bukan tidak mungkin trafik tersebut akan mengalir ke website Anda. Ada pula faktor relevansi antara backlink dengan website. Agar Anda bisa mendapatkan backlink berkualitas, ada baiknya Anda menggunakan backlink dengan niche yang sama.

2. Listing Bisnis 

Cara selanjutnya yang bisa menjadi metode SEO OFFPAGE adalah listing bisnis. Maksudnya, website Anda juga terdaftar dalam listing bisnis, seperti misalnya beberapa jenis website travel, website bisnis kuliner dan lain sebagainya. Untuk bisa menjadi bagian dari listing bisnis tersebut, Anda pun harus mendaftarkan website Anda terlebih dahulu. 

Salah satu layanan listing bisnis yang bisa Anda manfaatkan adalah Google Bisnisku. Layanan ini merupakan layanan listing bisnis yang disediakan oleh Google secara gratis kepada penggunanya. Siapapun yang menjalankan bisnis dapat mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku ini. 

Google Bisnisku ini akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas SEO secara offpage Anda, terutama secara lokal. 

Baca Juga : Cara Memilih Niche Pada Blog

Kebanyakan website yang memanfaatkan jasa optimalisasi website adalah website bisnis. Maka, dengan mendaftarkan bisnis tersebut ke dalam Google Bisnisku, website Anda juga akan muncul di hasil pencarian bahkan di pencarian Google maps. Selain keuntungan tersebut, Anda juga akan semakin diuntungkan karena proses pendaftaran layanan ini juga tidaklah sulit.

3. Mendapatkan Brand Mention dari Media Online 

Cara selanjutnya yang juga digunakan dalam teknik SEO OFFPAGE adalah brand mention dari media-media online. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kebanyakan website yang menggunakan layanan SEO adalah website bisnis. 

Brand mention biasanya akan didapatkan setelah Anda melakukan kegiatan tertentu atau melakukan kampanye tertentu. Penyebutan brand atau brand mention ini sedikit banyak akan memberikan dampak dan keuntungan pada website Anda. 

Beberapa penyebutan brand atau brand mention bisa dilakukan dengan menyertakan link website Anda di dalamnya. Namun, tak jarang juga tidak menyertakan linl website di dalamnya. Secara kenyataan lapangan, 

brand mentioning tanpa menyertakan link tidak akan membantu banyak karena hal tersebut tidak akan berdampak pada trafik maupun authority web.  Meskipun begitu hal ini akan tetap berpengaruh karena pembaca jadi lebih aware dan terbiasa dengan website Anda.

4. Penulisan Review 

Menulis review juga bisa menjadi publikasi eksternal website Anda. Menuliskan review ini merupakan faktor penting, terutama dalam SEO lokal. Review ini tidak hanya berasal dari Google Bisnisku saja, namun juga berasal berbagai situs review lain. Apabila review yang diberikan semakin positif, 

maka akan semakin besar pula perannya bagi SEO OFFPAGE yang Anda lakukan. Penulisan review ini akan memberikan potensi yang cukup menguntungkan bagi website Anda, terutama bagi pengguna yang sebelumnya belum mendengar tentang website tersebut. 

Bagi pengguna, menulis review biasanya menjadi hal yang jarang dilakukan karena alasan malas atau alasan-alasan lain. Karena itu, untuk menarik pengguna atau penulis review agar menuliskan review, 

Anda bisa meningkatkan menulis review tersebut dengan cara mengadakan giveaway. Hal ini akan meningkatkan minat para penulis review untuk menuliskan review bisnis atau website Anda. Tak hanya itu, sebenarnya menuliskan review ini juga memberikan manfaat bagi penulis karena akan memberikan 

portfolio penulisan. Dengan portofolio inu bisa Anda manfaatkan untuk membuat publikasi lain memanfaatkan tulisan yang Anda buat. 

Baca Juga : Mengenal SEO dan fungsinya

5. Share Melalui Media Sosial 

Sebenarnya, Google sudah menyatakan jika menyebarkan lewat media sosial tidak akan berpengaruh pada ranking pencarian. Hal ini salah satunya disebabkan karena share melalui media sosial cenderung lebih mudah dimanipulasi. Pemilik website atau bisnis bisa mendapatkan like ataupun share dalam jumlah yang sangat banyak hanya dengan mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli like dan share tersebut. 

Meskipun demikian, cara ini masih termasuk dalam salah satu cara SEO OFFPAGE karena share media sosial yang sebenarnya, bukan hasil dari membeli likes atau share, tetap memberikan pengaruh secara tak langsung yang sangat besar pada metode SEO terutama offpage yang Anda lakukan. 

Share media sosial ini jika dilakukan dengan benar bisa memberikan peran yang sangat signifikan. Semakin banyak konten website yang Anda bagikan melalui media sosial, 

maka akan semakin mudah pula menjangkau pembaca untuk mengunjungi dan membaca konten website Anda. Dengan begitu, website Anda akan semakin dibicarakan, kemudian dishare ulang bahkan bisa juga dirujuk oleh website lain yang lebih besar. 

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang mengetahui dan memahami SEO OFFPAGE yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian. SEO OFFPAGE merupakan satu dari dua teknik SEO yang banyak digunakan untuk meningkatkan trafik pengunjung di sebuah website. 

Kombinasi antara teknik SEO onpage dan offpage yang tepat akan semakin berpengaruh dalam menaikkan peringkat pencarian website Anda di posisi teratas mesin pencarian dan berada di halaman pertama. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel