Mengenal Google Adsense dan Fungsinya

Setelah Pyra Labs diakuisisi Google pada tanggal 4 Februari 2003, maka muncullah AdSense yang merupakan layanan periklanan terbaru dari Google. 

AdSense merupakan sebuah program periklanan yang menghasilkan bagi pemilik website berdasarkan pada CPC (cost-per-click). Sampai sekarang publisher AdSense yang tersebar di seluruh dunia kira – kira sudah 2 juta lebih. 

Mengenal Google Adsense


Iklan pada website berupa text, gambar dan video ditampilkan oleh program AdSense tersebut agar dapat mengakomodir kebutuhan dari pengunjung website. 

Sehingga dari iklan tersebut browser pengguna akan di cache oleh Google AdSense ketika ada tindakan klik pada iklan saat sedang mengunjungi website tersebut. Dibawah ini akan membahas tentang cara kerja Google AdSense yaitu sebagai berikut;

1. Menyediakan ruang iklan yang biasanya berada pada header, footer dan sidebar artikel
2. Iklan paling mahal yang bisa tampil pada ruang iklan dimana para pengiklan melalui proses penawaran dengan harga yang tertinggi.
3. Mendapatkan bayaran dari iklan dimana biaya per kliknya tergantung dari jenis produk dan persaingan bid antar pengiklan.


Selanjutnya adalah merupakan panduan Google AdSense untuk pemula:

Penonaktifan akun AdSense
Akun AdSense banned atau dinonaktifkan oleh pihak Google kalau tidak mematuhi pedoman Google AdSense.

Implementasi iklan
Diharuskan memasang kode iklan AdSense pada website agar bisa menayangkan iklan di website. Iklan pop-up dan format iklan lainnya yang merugikan tidak boleh dipasang.

Klik dan tayangan
Tindakan klik iklan pada website sendiri dilarang AdSense, apalagi iklan yang memanipulasi pengunjung dan meminta orang lain untuk melakukan klik tayangan iklan.

Pedoman konten
Konten pornografi, mengandung copyright, mengandung kekerasan dan mengandung SARA dilarang.
Google AdSense juga memberikan sejumlah fungsi dan manfaat, berikut beberapa yang terpenting:

1. Google AdSense menawarkan alat pengelola kampanye Anda
beberapa alat kepada Anda untuk mengelola dan memantau akun secara mudah yaitu akun pengelola Pusat Klien Saya (MCC) dan akun Google Ads secara offline dengan Google Ads Editor.

2. Google AdSense berfungsi Menargetkan iklan Anda
Untuk menjangkau orang-orang dengan minat khusus yang tertarik dengan produk layanan Anda dan menampilkan iklan yang relevan kepada mereka.


Beragam cara penargetan iklan yang ditawarkan Google AdSense agar kampanye pemasaran iklan anda berhasil ;

• Iklan Anda dapat disesuaikan muncul di semua jenis perangkat mana dan kapan.
• Pilih usia, lokasi geografis, dan bahasa pelanggan Anda.
• Tampilkan di laman hasil penelusuran Google dan situs web iklan Anda.
• Tampilkan dan tentukan frekuensi kemunculan iklan Anda selama jam atau hari tertentu.
• Buatlah kata-kata atau frasa yang relevan dan merupakan Kata kunci dengan produk dan layanan Anda untuk menampilkan iklan ketika pelanggan menelusuri istilah tersebut atau situs web yang relevan.

3. Google AdSense Mengukur kesuksesan Anda
Apabila ada yang mengklik iklan Anda, dan melakukan pembelian produk, mengunduh aplikasi, atau memesan melalui telepon Anda juga dapat melacaknya dan bisa melihat dimana harus berinvestasi pada kampanye Anda sehingga akan meningkatkan laba atas investasi Anda.

4. Google AdSense memberikan kendali dalam Mengontrol biaya Anda
Kendali terhadap cara Anda membelanjakan uang diberikan Google AdSense agar apa yang mau dibelanjakan baik per bulan, per hari, dan per iklan.


Demikianlah pembahasan tentang mengenal google adsense dan fungsinya. Sampai disini dulu ya, mudah - mudahan dapat membuat kita lebih maju lagi dalam mengembangkan blog yang kita miliki, sehingga dapat menjadi blog yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang. Tetap semangat, jaga kesehatan dan sukses selalu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel